4 (+1) Komika layak tonton di Oi! Jaga Lambe

Saya sadari, membuat klaim seperti judul di atas amatlah berat tanggung jawabnya. Apalagi, saya melontarkan klaim tersebut hanya berbekal video taping deretan lineup Oi! Jaga Lambe di iflix, yang mana video tersebut sudah melewati proses trimming hingga editing macam selipan tawa tambahan.

Anggaplah remeh tulisan ini jika Anda lebih berpihak pada poin memberatkan tersebut. Namun jika Anda juga hanya bisa menikmati konten matangnya Oi! Jaga Lambe di iflix seperti saya dan ingin tahu comic mana saja yang secara keseluruhan penampilannya di Oi! Jaga Lambe paling unik atau di atas rata-rata, ini rekomendasi saya.

1. Rigen Rakelna

Penggondol gelar juara Stand-up Comedy Indonesia (SUCI) Season 5 Kompas TV ini harus diakui punya set yang solid. Tampil di episode pertama, Rigen membuat patokan standar tinggi untuk Oi! Jaga Lambe, yang saya rasa belum mampu disamai oleh segelitir comic di lineup ini. Rigen sukses mewarnai konten orisinal iflix ini dengan materinya yang padat tawa dan delivery meledak-ledak yang jadi ciri khasnya. Penampilannya di Oi! Jaga Lambe seakan terlalu sebentar, tetapi sepertinya sudah cukup untuk jadi iming-iming Anda yang kotanya kebetulan kedatangan Not Bad, stand-up comedy tour dari Rigen.

Bit Terbaik: Orang Gendut Naik Ojek Online.

2. Sakdiyah Ma’ruf

Selain Mo Sidik, hanya Sakdiyah komika yang tampil sebanyak dua kali di season 1 Oi! Jaga Lambe. Diberi beban seberat itu, Sakdiyah melakoninya dengan sangat apik. Yang layak diacungi jempol dari comic peraih gelar master di Universitas Gajah Mada ini adalah keberaniannya membawa dua set yang relatif lebih clean, dengan taburan jokes rasial dan agama di kala comic lainnya “dengan senang hati” memainkan tema blue.

Bit Terbaik: Stereotipe Orang Arab (eps. 7).

3. Dani Aditya

Para pengisi Oi! Jaga Lambe dari hemat saya jauh lebih baik daripada versi Malaysianya, Oi! Jaga Mulut. Selain karena gaya komedi para komikanya yang lebih variatif, diversivitas persona adalah poin plus lainnya. Praktis, tampilnya Dani Aditya menjadi kekalahan TKO untuk Oi! Jaga Mulut.

Masih menunggangi persona sebagai comic difabel dalam jokes-nya, Dani di Oi! Jaga Lambe juga tampil menawan di sesi komedi improvisasi. Sepertinya, ia memaksimalkan show ini dengan baik untuk lebih menjual dirinya, mengingat ia tengah menjalankan tur Dark Side of Dani Aditya tahun ini.

Bit Terbaik: Saran Sebelum Nikah dari Papa.

4. Reggy Hasibuan

Berbeda dengan Dani yang konsisten dengan branding-nya, komika Indonesia pertama yang memakai bahasa Inggris dan pionir comic nasional yang show di luar negeri ini memilih untuk tampil beda. Soalnya, sepanjang set-nya, Reggy justru menggunakan bahasa Indonesia. A collector’s item, jika saya boleh menjulukinya, lantaran hanya sesekali Reggy tampil di atas panggung dengan bahasa Indonesia, apalagi di sebuah show yang direkam dan disebarluaskan.

Sebagai bocoran, Reggy juga satu-satunya comic di rentetan daftar Oi! Jaga Lambe yang membawa properti untuk materinya. Silakan disimak sendiri, ya!

Bit Terbaik: Beli Dildo di Thailand.

5. Adriano Qalbi

Menentukan nama terakhir ini sejatinya amat berat bagi saya pribadi. Sebab, nama-nama seperti Mo Sidik, Kukuh Adi, Fathia Saripuspita, sampai Sukraj Putra memiliki poin plus sendiri yang membuatnya layak melengkapi daftar ini. Namun, saya memutuskan untuk memberikan tempat bagi empunya Podcast Awal Minggu (PAM) ini dengan alasan kekhasan tipikal jokes-nya yang mungkin beberapa dari Anda bakal merasakan kontras yang lumayan di antara pengisi Oi! Jaga Lambe lainnya.

Bit Terbaik: Audisi Talent Kampanye Anti-bullying.

Sebagai informasi sekaligus memudahkan Anda mencari penampilan comic favorit Anda di Oi! Jaga Lambe, berikut daftar lengkap comic pengisi di tiap episodenya.

eps. 1: Rigen Rakelna, Dani Aditya, Fajar Ardiansyah
eps. 2: Coki Pardede, Ridwan Remin, Wira Nagara
eps. 3: Mo Sidik, Newendi Septian, Fathia Saripuspita
eps. 4: Fico Fahriza, Reggy Hasibuan, Ben Dhanio
eps. 5: Kemal Palevi, Mo Sidik, Budi Kusuma
eps. 6: Randhika Djamil, Indra Frimawan, Kukuh Adi
eps. 7: Sakdiyah Ma’ruf, Dwika Putra, Asep Suaji
eps. 8: Sakdiyah Ma’ruf, Adriano Qalbi, Sukraj Putra

Selamat menonton!

 

(sumber gambar: iflix Indonesia)

Leave a Reply

Your email address will not be published.