Apa yang dibahas Chris Rock di Total Blackout?

Dahaga fans Chris Rock terpuaskan juga setelah sembilan tahun lamanya ia menghilang dari panggung stand-up comedy. Total Blackout menjadi persembahannya yang kelima sejak stand-up comedy special perdananya, Big Ass Jokes, ditayangkan di HBO pada 1994.

Tak seperti yang telah diprediksi sebelumnya, ada kejutan di set list bapak dua anak itu. Di tur Total Blackout, Chris menjadi comic yang berbeda.

Ia tak memfokuskan materinya terhadap Pemilu Amerika Serikat 2016, layaknya kebanyakan comic di sana. Tentu hal ini sangat kontras dibandingkan karya terakhirnya, Kill the Messenger. Waktu itu, ia mengalokasikan joke yang bukan satu atau dua saja terkait Pemilu AS juga kandidat yang bertarung: Barrack Obama serta John McCain. Kebetulan, tur tersebut dijalankan dan direkam menjelang pemilihan AS 1.

Topik yang ia pilih untuk diangkat di Total Blackout ternyata lebih personal dan ‘gelap’. Dari ulasan TheNewYorkTimes (14/02/17), pria 52 tahun itu menceritakan pernikahannya yang hancur karena ia berselingkuh.

Ya, tahun lalu, pengisi suara Marty si zebra di animasi Madagascar tersebut bercerai dengan istri yang sudah bersamanya selama 16 tahun. Dalam joke-nya, Chris memberitahu audience mengapa ia ‘turun gunung’: tunjangan suami untuk mantan istrinya.

Hal ini sangat berkebalikan dengan joke Chris sejauh ini, yang seperti membuat jarak antara dirinya dengan audience karena jarang sekali membeberkan kisah pribadinya. Walaupun ia kerap membahas relationship, tetapi ia seakan-akan menarik diri dari konteks joke yang ia sampaikan.

“Di set terbarunya ini, Mr. Rock menghadirkan yang lebih dari sekadar tawa… Saat itu, Mr. Rock seperti seorang pria yang sedang mengakui dosa-dosanya, mengubah lukanya menjadi amarah barunya,” tulis Jason Zinoman untuk TheNewYorkTimes.

Akan tetapi, jebolan Saturday Night Live itu tetap tak menghilangkan penuh komentarnya soal politik dan sosial. Tragedi penembakan terhadap polisi di sana sempat ia singgung.

Secara keseluruhan, Total Blackout dinilai bukanlah stand-up comedy special terlucu Chris Rock. Kendati demikian, apresiasi tinggi tetap layak ditujukan pada Chris atas keberaniannya keluar dari zona nyaman.

 

(sumber gambar: chrisrock.com)

Leave a Reply

Your email address will not be published.