Mewawancarai saudara Louis CK

Sebagai nama yang sudah tak asing lagi di industri komedi Amerika Serikat, bahkan begitu sering diperbincangkan oleh comic-comic di Indonesia, Louis CK memang luar biasa. Selain dikenal sebagai comic dengan materi mengesankan, terutama soal self-depreciating dan opini yang unik, ia adalah aktor, penulis, sutradara, dan produser kondang. Karya terbaiknya sejauh ini adalah Louie, TV series semi-autobiografinya yang sukses mendatangkan beberapa piala Emmy Awards.

Ironisnya, nasib saudaranya justru 180 derajat berbeda.

Walau ia juga mewarisi rambut dan berewok serta kepala botak Louie, badan pria itu kurus kering. Gary CK juga seorang pengangguran dan kesehariannya hanya sibuk mencari kerja. Pekerjaan yang ia punya bahkan jarang ada yang cocok dan seringkali malah membuatnya ketiban sial.

Kemarin, via media sosial, saya berkesempatan mengobrol langsung dengan pria yang mengaku masih punya darah dengan Louis CK, tetapi hanya dalam web series-nya. Ya, Gary CK adalah tokoh parodi yang terinspirasi Louis CK sekaligus mengadaptasi Louie dan memang faktanya, Louis CK hanya punya tiga saudara perempuan.

Gary CK diperankan oleh seorang aktor dan sketch comedian asal Los Angeles, Bill Kessler. Ia juga bergabung di sketch group bernama Redford. Sebagai seseorang yang meyukai parodi, Bill sudah mengimpersonasi Louis CK selama beberapa tahun terakhir.

“Karena saya terlalu kurus untuk memerankan Louie, saya pikir lebih seru kalau menjadi saudaranya saja,” kata Bill.

bill-kessler-dan-gary-ck-sumber-gambar-bill-kessler

Bill Kessler dalam kesehariannya dan saat menjadi Gary CK (sumber gambar: Bill Kessler)

Saat ditanya mengapa ia memilih untuk mengimpersonasi Louis CK, Bill lantas menjabarkan bahwa ia begitu menyukai komedian yang 12 September nanti bakal merayakan ulang tahun ke-50-nya itu. Kendati demikian, ia mengatakan secara jujur belum pernah menonton show Louis CK secara langsung.

“Jelas, saya adalah fan berat Louie. Saya suka sekali dengan show-nya yang dibuat secara serius sekaligus berseni. Saya rasa ia comic sekaligus penulis yang brilian.”

Web series Gary CK Needs Work sendiri memang hanyalah proyek sampingan Bill, tetapi ia begitu berkomitmen untuk mengerjakannya karena juga ia jadikan sebagai portofolio. Ia menuangkan pemikirannya sembari membuat joke sederhana yang layak ditampilkan, walau ia tak mau memikirkannya berlebihan. Bill dibantu pula oleh Evan Watkins, kompatriotnya di sketch group dan di beberapa proyek penulisan, yang menjalankan peran sebagai sutradara dan editor.

Dari sembilan episode yang sudah ia unggah sampai tulisan ini dipublikasikan, tampak bahwa Bill menggambarkan Gary CK dengan segala ketidakberuntungannya di dunia kerja. Sebabnya, ia terlalu idealis, penuh kebencian, dan terkadang juga konyol. Hal ini diperparah karena Louis CK di sana diceritakan tidak peduli lagi dengannya.

“Episode 06 paling berkesan bagi saya karena kami menggandeng saudara asli Tom Hanks,” terangnya. Untuk season pertamanya, Bill telah menyiapkan 11 episode dan cukup puas dari segi kuantitas.

 

Tulisan ini diolah dari obrolan via DM Twitter dengan Bill Kessler alias Gary CK (@GaryCKneedswork) pada 9 Februari 2017.

(sumber gambar: YouTube / GaryCKNeedsWork)

Leave a Reply

Your email address will not be published.