Menanti amukan Chris Rock ke Donald Trump

Sembilan tahun setelah ia menuntaskan stand-up tour terakhirnya, akhirnya Chris Rock menjalani hidupnya di jalanan lagi. Dinamai Total Blackout, tur ini bakal menjadi medium comic 51 tahun itu untuk menceritakan bagian hidupnya dan berkeluh kesah soal apa pun, mungkin juga termasuk politik.

Wajar jika spekulasi itu muncul. Sebab di Kill the Messenger, porsi Chris dalam menyinggung pemilihan umum di Amerika Serikat tak sedikit. Ia punya keberpihakan terhadap Barrack Obama, yang saat itu berebut kursi AS 1 melawan John McCain.

kill-the-messenger-dokumentasi-pribadi

Stand-up show special Chris Rock, Kill the Messenger (dokumentasi pribadi)

Dalam tur yang waktu itu merambah delapan negara di empat benua, Chris beberapa kali melempar kritikan terhadap John McCain. Salah satu yang cukup berkesan adalah sindirannya terhadap umur calon dari Partai Republik tersebut yang terlalu tua untuk menjadi presiden.

“Seventy fuckin two! He got his nurse to be his vice president too,” menjadi salah satu joke yang sangat renyah untuk ditertawakan oleh total 554 ribuan penonton turnya.

Sementara faktanya sekarang, Donald Trump dilantik menjadi presiden di usia 70 tahun dan menjadi presiden tertua sepanjang sejarah Negeri paman Sam.

Dari sini, besar kans Chris bakalan membawa bit tentang suksesor Barrack Obama itu. Terlebih, belum sebulan kepemimpinannya berjalan, triliuner itu sudah membuat beberapa kebijakan kontroversial, contohnya larangan untuk memasuki wilayah AS bagi imigran dari tujuh negara yang mayoritas warganya adalah Muslim.

Total Blackout akan dimulai pada 14 Februari di North Carolina dan berakhir di New Jersey pada 3 Juni 2017. Total, ada 28 lokasi yang ia hadiri di tur ini dan semuanya berada di AS. Harga tiket di tiap lokasi dan arenanya bervariasi, dari yang termurah 47,50 USD (sekitar Rp635 ribu) sampai 159 USD (sekitar Rp2,1 juta).

Sebenarnya, kehadiran Total Blackout cukup bisa diantisipasi. Di tengah kesibukannya menjadi produser, berakting di Grown Ups 2 dan Top Five, hingga menjadi host Oscar dalam beberapa tahun terakhir, Chris sepakat untuk bekerja sama dengan Netflix untuk memproduksi dua stand-up comedy special baru. Kesepakatan yang diresmikan pada Oktober 2016 silam itu bernilai 40 juta USD (sekitar Rp533 miliar).

Ada yang sudah tak sabar menunggu Total Blackout diputar di Netflix atau DVD-nya rilis?

 

(sumber gambar: cincinnatiarts.org)

Leave a Reply

Your email address will not be published.