Stand-up comedy dan batu bata merahnya

Sudah hampir enam tahun ternyata sejak video-video malam open mic perdana Stand-up Comedy Indo diunggah di YouTube. Malam itu memang bersejarah, karena para pembabat alas di seni sekaligus industri ini, yaitu Raditya Dika, Pandji Pragiwaksono, Ernest Prakasa, Isman HS, dan Ryan Adriandhy, bisa dibilang telah berhasil mengenalkan stand-up comedy kepada masyarakat Indonesia secara masif.

Namun, jangan lupakan juga bahwa sejarah itu tercipta berkat ‘campur tangan’ Canda Comedy Café, Kemang, Jakarta.

Walau saya belum pernah menginjakkan kaki ke tempat yang konon adalah comedy club pertama di Indonesia tersebut, saya amat yakin bahwa kafe tersebut memang layak menjadi rahimnya stand-up comedy di sini. Sebab, bisa dilihat dari video yang diunggah oleh akun standupcomedyindo bahwa kafe itu mempunyai desain panggung ala comedy club di luar negeri sana, dengan microphone beserta stand-nya, barstool, serta background batu bata merah.

Yang menjadi pertanyaan, mengapa batu bata merah?

The Improvisation, sebuah comedy club legendaris di Amerika Serikat, mengklaim bahwa merekalah yang memopulerkan tren latar belakang panggung seperti itu, walau tanpa kesengajaan. Dalam paparan di situs resmi club yang biasa disebut The Improv saja itu, latar belakang panggung mereka sejak berdiri pada 1963 memang berupa dinding tak berpoles yang menampakkan dengan jelas batu bata merah penyusunnya.

“Saat Budd Friedman [pendiri The Improv] melepas panel dinding merah dan kaca yang ditinggalkan pemilik sebelumnya, yakni restoran ala Vietnam di tahun 1960-an, ia menemukan tembok bata merah yang luar biasa ini. Karena ia tak tahu apa pun soal drywalling dan kalaupun tahu ia tidak punya uang untuk melakukannya, akhirnya ia membiarkannya begitu saja.”

Tak disangka, interior The Improv orisinal yang berdiri di New York itu menjadi ciri khas comedy club hingga lebih dari setengah abad ini.

Sebelum pivot menjadi klub komedi, The Improv adalah tempat para penyanyi Broadway muda bercengkerama, menikmati hidangan dan minuman, dan tentu saja naik panggung untuk bernyanyi secara spontan. Namun semenjak Dave Astor mencoba materi barunya di sana, selang setahun dibukanya The Improv, para komedian pun mengantre untuk open mic di sana dan sejarah pun dimulai. The Improv lantas menjadi saksi aksi Richard Pryor, Andy Kaufman, Eddie Murphy, Jerry Seinfeld, Tim Allen, Jay Leno, Chris Rock, Dane Cook, Ellen DeGeneres, Jamie Foxx, Adam Sandler, Jeff Dunham, Dave Chappelle, dan nama-nama besar lain di atas panggung. Saat tulisan ini dipublikasikan, The Improv dengan bangga memajang di situsnya bahwa mereka sudah memiliki 22 cabang di pelbagai negara bagian Amerika Serikat.

 

(Sumber gambar: atlantamoms.com)

Leave a Reply

Your email address will not be published.